Apa itu root....?? Apa itu CWM...???

on Tuesday, February 11, 2014

Saat ini mungkin sudah puluhan atau bahkan ratusan juta pengguna android di luar sana. Namun demikian ternyata masih banyak pengguna android yang belum paham dan mengerti tentang rooting, cwm , custom rom apalagi unlock bootloader. Ok, mari kita coba kupas satu per satu biar lebih jelas.

Root
Root adalah sebuah sistem akun yang memiliki kekuasaan penuh  untuk mengakses dan mengeksekusi semua file pada sistem operasi berbasis linux (android salah satunya) Singkat kata, root mempunyai akses tanpa batas untuk menambah, mengubah, menghapus bahkan merusak semua file-file yang ada dalam sistem pada OS berbasis linux tersebut.  Sementara Rooting adalah proses untuk mendapatkan akses root tersebut. Pada sebuah perangkat android yang telah di rooting lazimnya telah terinstal aplikasi bernama SUPER USER atau SUPER SU. 

Lalu muncul pertanyaan, sepenting apakah sebuah perangkat android harus di root...?? jawabannya adalah tergantung kebutuhan sang pengguna perangkat. Kenapa demikian...? Ya jelas, jika sang user hanya menggunakan perangkat androidnya sekedar untuk dengerin lagu, foto2 narsis, telfon, sms (hari gini...?) browsing, chatting, dan sosmed saya yakin sang user tidak akan membutuhkan root pada perangkat mereka. Namun jika sang user mempunyai hasrat lebih untuk mengubah tampilan UI menjadi tidak biasa, memaksimalkan performa perangkatnya dengan menghapus bloatware2 bawaan, atau bahkan mengganti rom official dari perangkat tersebut ke costum rom dll dll dll, maka syarat root merupakan syarat wajib untuk perangkat mereka. Bahkan tak sedikit aplikasi2 yang membutuhkan akses root sebagai syarat untuk dapat dijalankan. Sebagai contoh root explorer, yaitu aplikasi yang memungkinkan kita menjelajahi folder2 dan file2 dalam folder system pada perangkat android.

Bagaimana cara rooting suatu perangkat android...?? 
Jawabannya adalah tergantung perangkat masing-masing dan tergantung merk perangkat tersebut. Sepengetahuan saya hampir tidak ada perangkat android yang tidak dapat dilakukan rooting. Bahkan perangkat android yang dijalankan pada CPU berarsitektur x86 besutan Intel seperti Lenovo K900 dan Asus Fonepad masih dapat dilakukan rooting. Bro sekalian bisa ubek2 blog ini atau kalau gak ketemu nanya sama mbah google tergantung perangkat bro masing2.

ClockWorkMod (CWM)

Lalu apa lagi ClockWorkMod (CWM)...??
Selangkah jauh lebih dalam dari root, CWM adalah modding atau modifikasi dari recovery mode dari suatu perangkat android. Setiap perangkat android sejatinya telah memiliki recovery mode bawaan masing masing, namun masih sangat standar dan terbatas. Jadai CWM ini merupakan recovry mode yang lebih komplet. Lalu apa itu Recovery Mode...?? Recovery mode itu sebuah menu yang memiliki beberapa pilihan yang tujuannya untuk pemulihan perangkat tersebut. Biasanya dalam recovery mode standar terdapat pilihan reboot, wipe data/factory reset, wipe cache partition dan apply update zip from sd card. Sementara CWM memiliki pilihan lebih lengkap dan lebih stabil.

Apa kegunaan CWM...??
CWM selain untuk factory reset atau pada symbian dikenal "kembali ke pengaturan awal" juga untuk install costum rom, backup dan restore system bahkan memodifikasi system  seperti UI contohnya. Sebenarnya menggunakan recovery mode bawaan perangkat juga bisa, tetapi sering gagal karena para pembuat rom memang meminta requirment recoverynya adalah CWM.

Bagaimana cara install CWM...??
untuk install CWM berbeda beda caranya tergantung merk/tipe perangkat masing-masing, tinggal ubek2 aja nih blog atau klo gak ketemu tinggal nanya ama mbah google. Yang jelas syarat install CWM perangkat nya harus di root dulu brow...

0 comments:

Post a Comment

Advertising